DAWUHAN ATAU KROMO LEO

by Senin, November 02, 2009 0 komentar

Kromoleo, nama Jawa yang sangat asing terdengar ditelinga. Belum sempat aku menanyakan apa arti nama itu. Ini adalah nama rawa yang ada di dusun Krajan, Desa Senggreng, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang. Rawa ini memiliki sejarah sendiri dia yang menjadi saksi sejarah perjalanan Desa Senggreng.

Rawa ini di bersihkan oleh warga sekitar untuk Lomba Desa Nasional tahun 1998. Tujuannya juga untuk peningkatan kualitas desa dalam bentuk menambah debit air untuk pertanian dan Pariwisata. Dalam sektor pariwisata dulu sudah pernah fasilitas-fasilitas pendukung antara lain tempat berteduh untuk pemancingan, kafe, pengadaan perahu dan lain-lain.

Pengembangan rawa inipun sangat potensial karena pembangunan jalur lingkar selatan Kota Malang. Sebab pintu masuk bagian utara berhubungan dengan jalan ini. Masyarakat memiliki harapan besar ini akan memberikan masa depan yang baik bagi mereka.

Proyek pengembangan dalam skala besar juga sudah mendapat persetujuan dari Bupati Malang sebelum Sujud Pribadi. Warga desapun sudah mengantarkan proposal-prosposal yang banyak instansi. Tujuannya agar mereka berkenan menyisihkan dana.

Reformasi bergulir. Pemerintahanpun turut berpindah. Wacana pengembanganpun tinggal wacana, karena tiada realisasi. Harapan masyarakat adanya peningkatan kesejahteraan melalui pengembangan rawa harus mengalami kesamaran.

Agaknya terlalu lelah memang, jika kita membandingkan pembangunan perekonomian di tataran pusat kota dengan daerah pinggiran. Pemandangan yang terlihat adalah sebuah ketimpangan. Prinsip pembanguanan yang salah satunya pemerataan adalah omong kosong belaka. Inilah Indonesia yang sangat hebat dalam konsepsi, nol besar di tataran aplikasi.

Kesejahteraan rakyat pastinya ada dalam visi-misi pemerintah, tapi ini semua ilusi. Masalah yang paling rumit di negara ini adalah urusan birokratisasi. Masalah tidak selesai gara-gara mbuletnya urusan administratif. Inilah Indonesia, ”Jika bisa dipersulit mengapa di permudah?”.

Telecenter Citra Kartini

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar: