Pilih Notebook atau Netbook

by Rabu, Oktober 24, 2012 0 komentar
Jaman sekarang komputer jinjing sudah seperti kebutuhan saja, tidak hanya untuk mereka yang bergelut dibidang IT maupun mereka yang tidak secara langsung berhubungan dengan dunia IT. Pesatnya dunia mobile secara tidak langsung telah menciptakan komputer jinjing yang lebih kecil lagi, yang dikenal dengan Netbook, yang merupakan pecahan fitur dari Notebook.
Derasnya penggunaan akses internet telah mengilhami vendor IT untuk memperkenalkan Netbook di tengh – tengah masyarakat yang sifatnya mobile, sehingga bisa berkomunikasi melalui jalur internet kapan saja dimana saja, seperti update blog, atau mengirim dan menerima e-mail
Dengan desain yang mungil, dan berat yang relatif ringan, serta daya tahan baterai yang tahan lama, munculnya netbook mendapat sambutan bagus di tengah – tengah masyarakat, apa lagi harga Netbook lebih murah dari harga Notebook.
Sebelum menentukan pilihan untuk membeli komputer jinjing, pastikan kamu sedikit banyak mengetahui tentang perbedaan diantara keduanya, karena banyak calon pembeli yang kurang paham atas perbedaan antara Notebook dan Netbook, sehingga terkadang tidak bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.
NOTEBOOK
Notebook rata – rata memiliki ukuran layar yang relatif besar, 10 – 18 inci, juga dilengakpi dengan hardware yang mempunyai kemampuan setara dengan komputer desktop. Dan yang paling penting adalah penggunaan prosesor pada notebook, dimana prosesor yang digunakan setara dengan komputer desktop terbatu, seperti penggunaak prossesor Intel Core 2 Duo atau Core i7.
Untuk media penyimpanan, hardisk yang digunakan biasanya berkapasitas besar 250GB – 320 GB dengan memori berkisar 1 GB – 2 GB dengan maksimal RAM adalah 8 GB.
Jadi kami menyimpulkan bahwa Notebook memiliki keungguluan yang setara dengan komputer desktop, sehingga bisa menjalankan aplikasi yang membutuhkan performa tinggi. Tapi ingat, keperluan untuk seperti main Game, atau pengolahan citra, itu membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi lagi
NETBOOK
Sebenarnya, Netbook adalah Notebook yang berukuran kecil, yang ditujukan bagi pengguna internet, oleh karena itu base akses internetnya yang di tonjolkan. Saat pertama kali muncul, Netbook memiliki ukuran layar berkisar antara 7 – 10 inci, menjadikannya lebih mudah dibawa kemana saja, seperti area hotspot (yang lebih enak jika memiliki piranti yang lebih kecil). Dan sekarang ukuran diameter layar Netbook berkisar antara 10 – 12 inci.
Fungsi utama dari Netbook adalah sebagai mobile internet device. Yaitu perangkat yang di fokuskan pada penggunaan akses internet. Dengan harapan, bisa mempermudah user untuk melakukan update blog.
Karena ukurannya lebih kecil, maka daya tahan baterainya pun lebih lama dibanding notebook, Dan juga banyak hardware pendukung yang dikurangi, seperti DVD/CD Rom, Dan prosesor yang digunakan memang prosesor khusus netbook, seperti Intel Atom, atau Nano Via, yang mempunyai kecepatan 1,8 Ghz.
Untuk media penyimpanannya, Netbook menggunakan hardisk dengan kapasitas 80 – 160 GB, dan RAM 1 – 2 GB.
Keunggulan dari Netbook adalah ukuran yang kecil, ringan sehingga bisa dibawa kemana saja untuk menjelajah dunia internet. Cocok untuk mereka suka nge-blog atau mengupdate status mereka di social network.
Menurut kami, Notebook atau Netbook sama sama memiliki kelebihan masing – masing, jika kamu hanya membutuhkan kemudahan dalam mengakses internet, dan hanya menjalankan beberapa aplikasi office saja, maka Netbook lebih cocok untuk kamu, tapi bila kamu menginginkan performa dengan kompatibilitas tinggi, maka notebook adalah pilihannya …
Sekarang, kamu pilih yang mana ??

(blog.ayadinata.com)

Telecenter Citra Kartini

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar: